Teknik Pekerjaan Finishing



Ruang Praktik Program Keahlian Teknik Pekerjaan Finishing


a.       Ruang praktik Program Keahlian Teknik Pekerjaan Finishing berfungsi sebagai tempat berlangsungnya kegiatan pembelajaran: pekerjaan dasar untuk konstruksi bangunan, konstruksi beton sederhana,  konstruksi beton bertulang, pekerjaan bekesting dan perancah, pasangan batu, plesteran, pemasangan ubin, ornamen, konstruksi penyekat ruang, dan pekerjaan cat.
b.      Luas minimum ruang praktik Program Keahlian Teknik Pekerjaan Finishing adalah 304 m² untuk menampung 32 peserta didik, yang meliputi: area kerja batu dan kayu 128 m², ruang kerja pemasangan dan finishing 128 m², ruang penyimpanan dan instruktur 48 m².
c.       Ruang praktik Program Keahlian Teknik Pekerjaan Finishing dilengkapi prasarana sebagaimana tercantum pada Tabel  3.4.1.


Tabel 3.4.1 Jenis, Rasio, dan Deskripsi Standar Prasarana Ruang Praktik Program  Keahlian Teknik Pekerjaan  Finishing

No.
Jenis
Rasio
Deskripsi
1
Area kerja batu dan kayu
8 m²/peserta didik


Kapasitas untuk 16 peserta didik.
Luas minimum adalah 128 m².
Lebar minimum adalah 8 m.
2
Ruang kerja pemasangan dan finishing
8 m²/peserta didik


Kapasitas untuk 16 peserta didik.
Luas minimum adalah 128 m².
Lebar minimum adalah 8 m.
3
Ruang penyimpanan dan instruktur
 4 m²/instruktur
Luas minimum adalah 48 m².
Lebar minimum adalah 6 m.


d.      Ruang praktik Program Keahlian Teknik Pekerjaan Finishing dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel  3.4.2 sampai dengan Tabel 3.4.4.




Tabel 3.4.2 Standar Sarana pada Area Kerja Batu dan Kayu

No.
Jenis Ruang
Rasio
Deskripsi
1
Perabot


1.1
Meja kerja
1 set/area
Untuk minimum 16 peserta didik pada pekerjaan konstruksi bangunan, pekerjaan pasangan batu, pekerjaan konstruksi beton sederhana,  pekerjaan bekisting dan perancah, konstruksi beton bertulang, serta pekerjaan penyekat ruang.
1.2
Kursi kerja/stool
1.3
Lemari simpan alat dan bahan
2
Peralatan


2.1
Pekerjaan penanganan  pekerjaan dasar batu dan kayu
1 set/area
Untuk minimum 16 peserta didik pada pekerjaan konstruksi bangunan, pekerjaan pasangan batu, pekerjaan konstruksi beton sederhana,  pekerjaan bekisting dan perancah, konstruksi beton bertulang, serta pekerjaan penyekat ruang.
3
Media pendidikan


3.1
Papan tulis 
1 set/area
Untuk mendukung minimum 16 peserta didik pada pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang bersifat teoritis.
4
Perlengkapan lain


4.1
Kotak kontak
Minimum 2 buah/area.

Untuk mendukung operasionalisasi peralatan yang memerlukan daya listrik.
4.2
Tempat sampah
Minimum 1 buah/area.



Tabel 3.4.3 Standar Sarana  Ruang Kerja Pemasangan dan Finishing

No.
Jenis
Rasio
Deskripsi
1
Perabot


1.1
Meja kerja
1 set/ruang
Untuk minimum 16 peserta didik pada pekerjaan pasangan batu, plesteran, pemasangan ubin, ornamen, konstruksi penyekat ruang, dan pekerjaan cat.
1.2
Kursi kerja/stool
1.3
Lemari simpan alat dan bahan
2
Peralatan


2.1
Peralatan untuk kerja pemasangan dan finishing
1 set/ruang
Untuk minimum 16 peserta didik pada pekerjaan  pasangan batu, plesteran, pemasangan ubin, ornamen, konstruksi penyekat ruang, dan pekerjaan cat.
3
Media pendidikan


3.1
Papan tulis 
1 set/ruang
Untuk mendukung minimum 16 peserta didik pada pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang bersifat teoritis.
4
Perlengkapan lain


4.1
Kotak kontak
 Minimum 1 buah/ruang.

Untuk mendukung operasionalisasi peralatan yang memerlukan daya listrik.
4.2
Tempat sampah
 Minimum 1 buah/ruang.




Tabel 3.4.4 Standar Sarana pada Ruang Penyimpanan dan Instruktur

No.
Jenis
Rasio
Deskripsi
1
Perabot


1.1
Meja kerja
1 set/ruang
Untuk minimum 12 instruktur.
1.2
Kursi kerja
1.3
Rak alat dan bahan
1.4
Lemari simpan alat dan bahan
2
Peralatan


2.1
Peralatan untuk ruang penyimpanan dan instruktur
1 set/ruang
Untuk minimum 12 instruktur.
3
Media pendidikan


3.1
Papan data
1 buah/ruang 
Untuk pendataan kemajuan siswa dan ruang praktik.
4
Perlengkapan lain


4.1
Kotak kontak
Minimum 2 buah/ruang.

Untuk mendukung operasionalisasi peralatan yang memerlukan daya listrik.
4.2
Tempat sampah
 Minimum 1 buah/ruang.


Post a Comment

0 Comments