RUANG PEMBELAJARAN KHUSUS



Ruang dan Lapangan Praktik Program Keahlian Teknik Konstruksi

Bangunan Sederhana


a.       Ruang dan lapangan praktik Program Keahlian Teknik Konstruksi Bangunan Sederhana berfungsi sebagai tempat berlangsungnya kegiatan pembelajaran: pekerjaan dasar pengukuran bangunan, konstruksi bangunan, pekerjaan pasangan batu, pekerjaan bekesting dan perancah, pekerjaan konstruksi beton sederhana, konstruksi beton bertulang, pekerjaan plambing, pekerjaan plesteran, dan pekerjaan ubin.
b.      Luas minimum ruang praktik Program Keahlian Teknik Konstruksi Bangunan Sederhana adalah 240 m² untuk menampung 24 peserta didik, yang meliputi: area kerja batu dan kayu 128 m², area kerja plambing 64 m², ruang penyimpanan  dan instruktur 48 m².
c.       Luas minimum lapangan praktik Program Keahlian Teknik Konstruksi Bangunan Sederhana adalah 160 m² untuk menampung 8 peserta didik.
d.      Ruang dan lapangan praktik Program Keahlian Teknik Konstruksi Bangunan Sederhana dilengkapi prasarana sebagaimana tercantum pada Tabel  3.5.1.


Tabel 3.5.1 Jenis, Rasio, dan Deskripsi Standar Prasarana Ruang dan Lapangan Praktik Program  Keahlian Teknik Konstruksi Bangunan Sederhana

No.
Jenis
Rasio
Deskripsi
1
Area kerja batu dan kayu
8 m²/peserta didik


Kapasitas untuk 16 peserta didik.
Luas minimum adalah 128 m².
Lebar minimum adalah 8 m.
2

Area kerja plambing
8 m²/peserta didik


Kapasitas untuk 8 peserta didik.
Luas minimum adalah 64 m².
Lebar minimum adalah 8 m.
3
Lapangan praktik
20 m²/peserta didik


Kapasitas untuk 8 peserta didik.
Luas minimum adalah 160 m².
Lebar minimum adalah 8 m.
4
Ruang penyimpanan dan instruktur
4 m²/instruktur
Luas minimum adalah 48 m².
Lebar minimum adalah 6 m.



e.       Ruang dan lapangan praktik Program Keahlian Teknik Konstruksi Bangunan Sederhana dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel 3.5.2 sampai dengan Tabel 3.5.5.


Tabel 3.5.2. Standar Sarana  pada Area Kerja Batu dan Kayu

No.
Jenis
Rasio
Deskripsi
1
Perabot


1.1
Meja kerja
1 set/area
Untuk minimum 16 peserta didik pada pekerjaan pekerjaan dasar survai, konstruksi bangunan, pekerjaan pasangan batu, pekerjaan bekesting dan perancah, pekerjaan konstruksi beton sederhana, konstruksi beton bertulang.
1.2
Kursi kerja/stool
1.3
Lemari simpan alat dan bahan
2
Peralatan


2.1
Peralatan untuk pekerjaan batu dan kayu
1 set/area
Untuk minimum 16 peserta didik pada pekerjaan dasar survai, konstruksi bangunan, pekerjaan pasangan batu, pekerjaan bekesting dan perancah, pekerjaan konstruksi beton sederhana, konstruksi beton bertulang.
3
Media pendidikan


3.1
Papan tulis 
1 set/area
Untuk mendukung minimum 16 peserta didik pada pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang bersifat teoritis.
4
Perlengkapan lain


4.1
Kotak kontak
 Minimum 2 buah/area.
Untuk mendukung operasionalisasi peralatan yang memerlukan daya listrik.
4.2
Tempat sampah
Minimum 1 uah/area.




Tabel 3.5.3 Standar Sarana pada Area Kerja Plambing

No.
Jenis
Rasio
Deskripsi
1
Perabot


1.1
Meja kerja
1 set/area
Untuk minimum 8 peserta didik pada pekerjaan pemipaan, pemasangan alat saniter, dan ducting.
1.2
Kursi kerja/stool
1.3
Lemari simpan alat dan bahan
2
Peralatan


2.1
Peralatan untuk pekerjaan plambing
1 set/area
Untuk minimum 8 peserta didik pada pekerjaan pemipaan, pemasangan alat saniter, dan ducting.
3
Media pendidikan


3.1
Papan tulis 
1 set/area
Untuk mendukung minimum 8 peserta didik pada pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang bersifat teoritis.
4
Perlengkapan lain


4.1
Kotak kontak
Minimum 2buah/area.

Untuk mendukung operasionalisasi peralatan yang memerlukan daya listrik.
4.2
Tempat sampah
 Minimum 1buah/area.

Tabel 3.5.4 Standar Sarana pada Lapangan Praktik

No.
Jenis
Rasio
Deskripsi
1
Peralatan


1.1
Peralatan untuk pekerjaan konstruksi bangunan sederhana
1 set/lapangan
Untuk minimum 8 peserta didik pada pekerjaan dasar pengukuran bangunan, konstruksi bangunan, pekerjaan pasangan batu, pekerjaan bekesting dan perancah, pekerjaan konstruksi beton sederhana, konstruksi beton bertulang, pekerjaan plambing, pekerjaan plesteran, dan pekerjaan ubin.
2
Media pendidikan


2.1
Papan tulis 
1 set/lapangan
Untuk mendukung minimum 8 peserta didik pada pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang bersifat teoritis.
3
Perlengkapan lain


3.1
Kotak kontak
 Minimum 1 buah/lapangan.

Untuk mendukung operasionalisasi peralatan yang memerlukan daya listrik. Tersedia untuk dipindah-pindah.
3.2
Tempat sampah
 Minimum 1 buah/lapangan.




Tabel 3. 5.5.  Standar Sarana pada Ruang Penyimpanan dan Instruktur

No.
Jenis
Rasio
Deskripsi
1
Perabot


1.1
Meja kerja
1 set/ruang
Untuk minimum 12 instruktur.
1.2
Kursi kerja
1.3
Rak alat dan bahan
1.4
Lemari simpan alat dan bahan
2
Peralatan


2.1
Peralatan untuk ruang penyimpanan dan instruktur
1 set/ruang
Untuk minimum 12 instruktur.
3
Media pendidikan


3.1
Papan data
1 buah/ruang 
Untuk pendataan kemajuan siswa dan ruang praktik.
4
Perlengkapan lain


4.1
Kotak kontak
Minimum 2 buah/ruang.

Untuk mendukung operasionalisasi peralatan yang memerlukan daya listrik.
4.2
Tempat sampah
 Minimum 1 buah/ruang.


Post a Comment

0 Comments